Program Khusus Lansia: Tunjangan Hari Tua

Mewujudkan Jakarta sebagai kota yang ramah dan aman bagi warga lanjut usia.

Kondisi Saat Ini

1 Angka harapan hidup semakin meningkat di Jakarta, jumlah penduduk usia 60 tahun ke atas (lansia) semakin bertambah.

2 Dalam prosesnya menjadi tua, para lansia akan mengalami permasalahan seperti perekonomian (penghasilan menurun), kesehatan (kondisi fisik dan kesehatan melemah), sosial dan psikologis.

3 Jumlah “lanjut usia terlantar” di DKI Jakarata sebanyak 6.684 orang (Jakarta Dalam Angka, 2015).

4 Jumlah penduduk lansia berusia lebih dari 65 tahun di DKI Jakarta sebesar 396.379 orang pada tahun 2015 (http://data.jakarta.go.id/dataset/jumlah-penduduk-lansia-provinsi-dki-jakarta).

5 Masih kurangnya kebijakan dan pelayanan pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi permasalahan lansia.


Solusi/Terobosan

Melihat kebutuhan-kebutuhan lansia yang belum terpenuhi secara baik, maka Anies-Sandi menawarkan kebijakan dan pelayanan sebagai berikut:

1 Memberikan Tunjangan Hari Tua kepada semua lansia di DKI Jakarta untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

2 Memperbanyak layanan kesehatan pencegahan untuk lansia seperti layanan deteksi kanker gratis, di rumah sakit negeri dan swasta.

3 Memperbanyak ruang terbuka hijau ramah dan aman untuk lansia yang dapat digunakan untuk kegiatan lansia (senam lansia, dan sebagainya).

4 Menyediakan trasportasi umum gratis dan publik area ramah dan aman bagi lansia.

5 Melengkapi unit darurat untuk memberikan pertolongan pertama pada pasien di setiap puskesmas dengan standar motor gawat darurat (selain mobil ambulan), untuk masuk ke jalan-jalan sempit.

6 Mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dan peduli terhadap lanisa melalui kegiatan bersama lansia dengan memaksimalkan peran komunitas yang sudah ada atau membentuk komunitas baru.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.