Menghidupkan Festival Rakyat Jakarta

Menyelenggarakan festival kerakyatan, memastikan tidak ada pelarangan acara seni dan budaya, dan mengizinkan sekolah mengadakan pentas seni.

Kondisi Saat Ini

  1. Pada 31 Desember 2012, Jakarta Night Festival diselenggarakan untuk merayakan peringatan tahun baru. Selanjutnya diteruskan pada setiap ulang tahun Jakarta sampai tahun 2013. Dana yang disediakan oleh Jokowi untuk menyelenggarakan pesta rakyat ini adalah sebesar Rp.1 Miliar.
  2. Intensitas penyelenggaraan pesta rakyat mulai menurun sejak tahun 2014 dan pada tahun 2016, tidak ada pesta rakyat saat ulang tahun Jakarta.
  3. Tidak adanya alternatif hiburan berupa festival rakyat besar-besaran sepeti yang pernah terjadi pada era Gubernur Jokowi. Hal ini juga berarti anak muda kehilangan kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang seni dan budaya.
  4. Kerap terjadi pelarangan pada pertunjukan budaya oleh organisasi massa tertentu, tentunya ini membuat perkembangan seni dan budaya menjadi terbatas.

Kebijakan Pemprov Saat Ini

  1. Berhenti mengadakan Jakarta Night Festival pada ulang tahun Jakarta dengan alasan menjaga kemanan dalam proses pengerjaan MRT
  2. Melarang siswa SMA untuk mengadakan Pentas Seni dengan alasan pungli di sekolah.
  3. Tidak melindungi pentas seni dan budaya di masyarakat yang dibubarkan oleh pihak-pihak tertentu.

Solusi/Terobosan

  1. Menyelenggarakan pesta rakyat yang berisi ajang lomba-lomba keterampilan seni dan budaya di masing-masing kotamadya dan kabupaten di Jakarta, puncak pesta rakyat ini pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya, yakni saat ulang tahun DKI Jakarta.
  2. Konsep festival adalah pesta rakyat yang diisi hiburan kerakyatan serta kebudayaan dari seluruh Indonesia. Pesta rakyat ini diisi oleh perlombaan tingkat provinsi untuk beberapa kelompok umur. Hal ini untuk memberikan wadah aktualisasi diri kepada generasi muda di Jakarta.
  3. Memberikan kemudahan bagi siswa sekolah untuk melaksanakan pentas seni siswa sebagai bentuk ekspresi seni dari para pemuda di Indonesia, namun harus tetap menghadirkan seni budaya tradisional Indonesia.
  4. Memastikan tidak adanya lagi pelarangan acara seni dan budaya yang diselenggarakan masyarakat selama memenuhi syarat-syarat administratif.

BERI DUKUNGAN SEKARANG

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017. Mari dukung Anies Sandi untuk bersama membangun Jakarta yang maju dan bahagia warganya.